5 Aspek Yang Perlu Diperhatikan Dalam Budidaya Udang Galah

Written by | Udang

Udang galah atau Macrobrachium rosenbergii adalah jenis udang air tawar yang sampai saat ini masih diminati konsumen seafood dalam dan luar negeri. Secara karakteristik, ada beberapa keistimewaan yang membedakan udang ini dengan udang lainnya, yaitu:

  • Memiliki bagian rostrum yang kedua ujungnya melebar dan kepala yang berbentuk seperti kerucut.
  • Udang ini memiliki gigi yang berbentuk seperti gergaji dengan jumlah 12 buah di bagian taas dan 11 buah di bagian bawah.

Sampai saat ini, budidaya udang Macrobrachium rosenbergii banyak dilakukan di kawasan Jateng, Jatim, Jabar, dan Bali. Berikut adalah beberapa aspek yang perlu diperhatikan sejak masa awal pembibitan hingga masa panen.

Pemilihan lokasi budidaya
Ketika Anda ingin menekuni budidaya udang galah, hal pertama yang perlu dipertimbangkan adalah masalah lokasi budidaya. Kolam udang umumnya harus memiliki ketinggian 700mdpl dengan debit air yang selalu mengalir 0,5-1L/detik. Untuk itu, Anda harus memastikan bahwa lokasi kolam yang dipilih bebas banjir, bebas pencemaran udara, dan bebas pencemaran tanah.

Persiapan bahan dan alat

Aspek kedua yang perlu diperhatikan adalah persiapan bahan dan alat. dalam beternak udang, Anda membutuhkan alat dan bahan yang digunakan untuk memulai proses pembibitan hingga proses panen. Umumnya alat yang akan digunakan, meliputi serok, ember, timbangan, alat vaksin, ayakan, dan sebagainya. persediaan alat ini nantinya disesuaikan dengan luas kolam dan jumlah bibit udang yang ingin dikembangbiakkan. Untuk masalah bahan, Anda perlu mempertimbangkan minimum pembelian benih untuk setiap m2 luas kolam.

Pengelolaan air

Jika Anda ingin bibit udang yang dibeli tumbuh dengan baik, perhatikan masalah pengelolaan air. Selama proses pembibitan, air akan mudah kotor karena apakan organik yang tidak habis dikonsumsi oleh udang. pH air yang tidak stabil juga bisa mempengaruhi kualitas hasil udang yang dipanen. Untuk meminimalisir resiko yang mungkin terjadi, Anda bisa memperhatikan beberapa hal, seperti:

  • Air dalam kolam dipastikan selalu mengalir dan untuk pemeliharaan, air selalu diganti dengan prosentase 30-50% air baru yang ditambahkan ke air lama.
  • pH air diukur secara berkala dan diposisikan ada di tingkat 6.5-8.5.
  • Suhu minimum dalam kolam berkisar antara 28-30o C dengan kadar oksigen terlarut minimum 4ppm.
  • Untuk masalah kadar garam atau salinitas air, kadar minimum yang harus dimiliki air adalah 0-5ppt.

Pencegahan hama penyakit

Udang air tawar ini juga tidak lepas dari ancaman hama penyakit, sehingga untuk meminimalisir kontaminasinya, Anda bisa melakukan beberapa pemeriksaan, seperti:

  1. Pengambilan sampel udang secara acak untuk dilakukan pemeriksaan secara morfologi maupun mikroskopik. Dengan begitu, peternak udang mampu mengetahui jenis jamur, bakteeri, atau virus yang menginfeksi udang.
  2. Pengamatan visual pada gejala maupun kondisi lingkungan udang yang menyebabkan infeksi penyakit.
    Setelah mengetahui penyebab penyakit, umumnya peternak udang air tawar jenis galah ini bisa melakukan tindakan pencegahan dengan menyediakan sirkulasi air yang memadai, menyediakan saringan untuk memperbaiki kualitas air, dan upaya lainnya.

Persiapan masa panen

Udang jenis galah dapat dipanen setiap 4, 6, 8 bulan sekali sesuai dengan berat yang diinginkan. Untuk itu, Anda bisa mempersiapkan timbangan untuk mengecek berat udang dan jika berat udang dirasa masih kurang, Anda bisa meningkatkannya dengan penambahan nutrisi tinggi protein. Namun demikian, selain hal-hal diatas Anda perlu memikirkan faktor pendanaan dan faktor resiko yang mungkin timbul selama budidaya, sehingga upaya budidaya udang galah yang dilakukan berhasil sempurna.

Last modified: June 23, 2017

4 Responses to :
5 Aspek Yang Perlu Diperhatikan Dalam Budidaya Udang Galah

  1. Udang Galah says:

    Remarkable! Its in fact remarkable piece of writing,
    I have got much clear idea about from this piece of writing.

  2. Greetings! Very helpful advice within this post! It is the
    little changes that will make the most significant
    changes. Thanks a lot for sharing!

  3. Hey I am so excited I found your blog, I really found you by mistake, while I was researching on Google for something else, Anyways I
    am here now and would just like to say thank you for
    a remarkable post and a all round interesting blog (I
    also love the theme/design), I don’t have time to read
    through it all at the moment but I have book-marked it and also added your RSS
    feeds, so when I have time I will be back to read more, Please do keep up the excellent
    job.

  4. Hi there, this weekend is pleasant in support of me, since
    this moment i am reading this fantastic informative
    post here at my home.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *