About

Potensi dunia perikanan di Indonesia cukup besar dan menjanjikan. Indonesia dikenal sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, dengan luas laut sekitar 5,8 juta km2 dan memiliki panjang garis pantai lebih dari 81.000 km, Indonesia memiliki sumber daya hayati yang berlimpah. Sayangnya potensi tersebut belum dapat dimanfaatkan secara maksimal.

Pada 5 tahun terakhir ini, salah satu potensi budidaya perikanan yang berkembang dengan pesat adalah budidaya tambak udang. Pada periode 2012-2015 terdapat peningkatan sebesar 12,35% per tahunnya. Bahkan Indonesia menjadi negara pengekspor udang terbesar mengalahkan India dan Vietnam. Namun pada akhir tahun 2016, tercatat bahwa ekspor udang Indonesia ke negara Amerika Serikat dan Jepang hanya mengalami peningkatan sedikit dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Kondisi ini disebabkan ditutupnya sejumlah tambak di daerah sentra tambak udang yang sebagiann besar disebabkan terserang penyakit udang, terutama White Feces Disease (WFD).

Evaluasi terhadap teknis budidaya, ketersediaan informasi dan data mengenai penyakit, serta manajemennya diperlukan oleh para penambak untuk meningkatkan produksi. Website tambakudang.com hadir memberikan informasi terkini mengenai manajemen budidaya, manajemen kesehatan dan penyakit serta beragam informasi yang diperlukan oleh petambak Indonesia.