HDPE Geomembrane untuk Perikanan

Written by | Peralatan

HDPE Geomembrane adalah lembaran yang terbuat dari plastik polyethylene dengan kepadatan yang tinggi serta memiliki struktur yang fleksibel dan kedap air. HDPE Geomembrane banyak digunakan untuk melapisi kolam pada budidaya perikanan. HDPE Geomembrane juga sangat mudah dibersihkan dan dikeringkan setelah pengosongan kolam karena HDPE Geomembrane memiliki permukaan yang cukup halus.

Harus diakui, budidaya di bidang perikanan saat ini, menuntut pengelolaan yang lebih efisien. Penggunaan HDPE Geomembrane di budidaya perikanan dapat membantu mengurangi penumpukan material organik pada dasar kolam. Tumpukan material organik di dasar kolam apabila menyentuh tanah dapat menimbulkan berbagai penyakit dan terbentuknya gas-gas beracun.

Selain hal tersebut, penggunaan HDPE Geomembrane dapat membuat udang atau ikan yang dibudidayakan merasa lebih nyaman, hal ini dikarenakan HDPE Geomembrane memiliki warna dasar yang gelap. Seperti yang sudah kita ketahui, udang dan beberapa jenis ikan merupakan hewan nocturnal atau hewan yang aktif pada malam hari atau suasana kurang pencahayaan.

HDPE Geomembrane juga dikenal memiliki daya tahan yang sangat tinggi terhadap paparan sinar UV (Matahari), anti asam dan alkali, resistensi tinggi terhadap robekan, kelembaban dan terhadap lingkungan dengan beragam tingkat suhu.

Last modified: June 23, 2017

5 Responses to :
HDPE Geomembrane untuk Perikanan

  1. Richard says:

    Saya punya kolam tanah ukuran 6 x 21 meter. rencananya mau budidaya ikan lele. ada beberapa yang mau saya tanyakan :
    1. Apakah saya bisa memakai HDPE dikolam dengan ukuran tersebut?
    2. Dimana saya bisa dapat HDPE tersebut?
    3. Bagaimana cara pemasangannya?
    thanks…

    1. Ari says:

      Halo Pak, kami menyediakn Geomembrane untuk tambak ikan, tambak udang Dll. Silakan kunjungi website kami di http://pandu-equator.com/geomembrane/

  2. tambakudang says:

    Dear Mr. Richard,

    Izinkan kami memberikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan Bapak.

    1. Tentu, Bapak bisa menggunakan HDPE untuk kolam ikan lele tersebut. Pada dasarnya HDPE memiliki sifat kedap air sehingga sangat cocok untuk digunakan sebagai pelapis bak penampungan air.

    2. Banyak pilihan HDPE yang terdapat di pasaran, dari produk import sampai lokal. Beberapa vendor HDPE import adalah Huitex, Solmax dan GSE. Sedangkan beberapa vendor lokal seperti Si Jempol dan lain-lain.
    Keunggulan produk import adalah kualitasnya yang sudah terjamin dan dari sisi harga juga sangat bersaing.

    3. Pemasangan HDPE menggunakan alat penjahit plastik yang menggunakan pemanas untuk penyambungan antara lembaran HDPE yang satu dengan yang lainnya.

    Demikian yang dapat kami informasikan, semoga berkenan.

    1. Richard says:

      kalau untuk ukuran kolam saya kira2 habisin budget berapa ya? bisa rekomendasi pembelian dan pemasangan? thanks banget karena saya niat untuk pemasangan HDPE. karena menurut saya bagus banget dan mudah dibersihkan setelah panen.

      1. tambakudang says:

        Dear Mr. Richard,

        1. Untuk budget tergantung dari merk dan ketebalan HDPE yang akan dipergunakan. Range ketebalan HDPE yang terdapat di pasaran yaitu 0,3 mm sampai dengan 2 mm.

        2. Untuk rekomendasi pembelian HDPE, kami hanya dapat memberikan saran agar Bapak hanya membeli HDPE yang dapat memberikan garansi kerusakan dan pemasangan. HDPE yang direkomendasikan adalah yang memiliki daya tahan yang sangat tinggi terhadap panas terik matahari serta tidak mudah robek.

        Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga berkenan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *