Ketahui Kualitas Air dengan Alat Ukur Berkualitas

Written by | Peralatan

Mengukur kualitas air merupakan hal yang wajib untuk dilakukan karena air mudah untuk tercemar sehingga alat ukur kualitat air yang terbaik benar-benar dibutuhkan. Air yang seringkali disebut sebagai sumber kehidupan memang begitulah adanya. Karena tanpa air, manusia akan sangat menderita dan juga melakukan aktifitas kesehariannya. Namun air sendiri seringkali sulit untuk dipelihara khususnya dalam soal tercemari dan menjadi kotor. Mengukur kualitas air dibutuhkan untuk mengetahui apakah air tersebut layak untuk digunakan untuk sehari-hari, hingga layak untuk dikonsumsi atau diminum tidaknya.

Pentingnya mengetahui kualitas air bagi kehidupan sehari-hari

Mengukur kualitas air biasanya membutuhkan alat atau parameter khususnya yang dilakukan dengan cara atau metode tertentu. Bisa dengan beragam jenis parameter mulai dari parameter fisik, parameter kimia hingga menggunakan parameter mikrobiologis. Pengujian untuk kualitas air tersebut sangatlah dibutuhkan khususnya untuk mengetahui dari warna dan juga bau air yang biasanya menjadi salah satu cara paling mudah dari kelayakan air tersebut untuk digunakan.

Dengan mengelola dan juga mengukur kelayakan dari kualitas air akan membantu khususnya untuk memelihara agar kualitas air tersebut tercapai. Selain itu juga, setelah mengetahui layak atau tidaknya, sudah seharusnya jika alat ukur dari kualitas air tetap harus dilakukan secara berkala, terlebih lagi jika ada perubahan dari warna dan juga bau atau bahkan dari rasa air tersebut. Hal ini jika tidak dilakukan maka akan sulit untuk mencegah air kotor atau air yang telah tercemari masuk ke dalam tubuh dan tentunya akan menimbulkan penyakit yang bisa jadi sangat berbahaya bagi tubuh hingga beresiko kematian.

Beberapa alat untuk mengukur kualitas air pada umumnya mengukur segala jenis alat yang bisa mengetahui beragam kadar di dalam air, seperti halnya pH, suhu, TDS, Orp dan jenis lainnya. Untuk lebih jelasnya yaitu berikut jenis-jenis dari parameter untuk menguji kualitas dari kelayakan air untuk digunakan, yaitu;

  • pH meter; merupakan jenis untuk alat ukur yang digunakan agar dapat mengukur tingkat keasaman dan juga basa dari cairan atau air tersebut. Umumnya alat ini memiliki pengukur khusus yang memiliki tampilan elektroda kaca dan terdapat meter elektronik yang terhubung dengan elektroda kaca tersebut untuk dapat melihat hasil ukuran dan juga tampilan dari pH yang diukur tersebut.
  • Orp meter; merupakan alat yang umumnya digunakan untuk dapat melakukan pengukuran dari potensi reduksi dan juga konsentrasi yang ada pada suatu bahan kimia. Dengan alat ini akan mudah untuk mengetahui kandungan dari klorin bebas dan juga pH dengan akurat. Biasanya digunakan untuk di kolam renang.
  • Thermometer; merupakan alat ukur untuk air yang digunakan untuk mengukur suhu dari air yang tentunya akan mengetahui juga kualitas dari air tersebut. Suhu air merupakan salah satu pengaruh yang bisa mengetahui kelayakan dari air untuk digunakan.
  • TDS meter; yang bisa mengukur adanya padatan yang terlarut pada air atau bahkan juga air minum. Jenis inilah yang paling sering digunakan untuk mengetahui kualitas dari air sehingga menjadi alat yang sangat penting untuk melakukan cek pada air. Hal ini dikarenakan padatan yang berbahaya dan terlarut di air akan terminum sehingga menjadi hal yang paling berbahaya khususnya untuk kesehatan tubuuh manusia jika kandungannya mematikan. TDS sendiri merupakan alat ukur yang memiliki kepanjangan dari Total Dissolved Solid.

Alat ukur kualitat air yang terbaik tentunya yang berkualitas dan juga akurat untuk mengetahui kandungan di dalam air, agar lebih jelas lagi dari kualitas air tersebut.

Last modified: June 7, 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *